RSS

Empowering Your Self

Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar.

Dengan pengenalan diri, kita mengetahui kelebihan yang ada pada diri kita sebagai kekuatan yang ada pada diri kita . Kekuatan-kekuatan yang ada pada diri merupakan aset dalam kehidupan sehari-hari, tetapi jika kekuatan-kekuatan itu tidak disadari maka kesempatan untuk mengaktualisasikan diri akan hilang.

Demikian juga dengan dengan kelemahan-kelemahan yang ada pada diri seseorang. Kelemahan yang disadari sejak awal, mempunyai kesempatan luas untuk diperbaiki. Kelemahan-kelemahan yang tidak disadari, tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga dapat menyusahkan orang lain.

Pengenalan diri dapat dilakukan melalui 2 tahap, yaitu tahap pengungkapan diri dan tahap menerima umpan balik.

Pengungkapan diri didefinisikan sebagai aktivitas yang mengungkapkan bagaimana anda sedang bereaksi pada suatu situasi yang terjadi pada saat itu dan memberikan informasi mengenai pengalaman masa lalu yang masih relevan untuk memahami reaksi yang terjadi pada saat itu.

Menjadi orang yang mengungkapkan diri berarti membagi pada orang lain bagaimana merasakan peristiwa yang baru saja terjadi dan bukan mengungkapkan secara detail pengalaman hidup pada masa lalu.

Orang dapat mengetahui dan memahami orang lain, tidak perlu mengetahui pengalaman masa lalunya tetapi lebih pada bagaimana ia melakukan reaksi pada saat itu. pengalaman masa lalu akan membantu sejauh memperjelas mengapa seseorang melakukan tindakan dengan suatu cara tertentu.

Umpan balik ditujukan untuk membuktikan informasi yang konstruktif dalam rangka membantu seseorang untuk menjadi sadar bagaimana perilaku seseorang mempengaruhi orang lain. Sehingga umpan balik akan membantu seseorang mengubah perilaku sehingga orang menjadi lebih produktif.

Pada dasarnya orang menyukai seseorang yang senang memberikan umpan balik, sebaliknya umpan balik diberikan ketika seseorang sudah dapat mengungkapkan dirinya. Ketika orang belum merasa siap diberikan umpan balik, umpan balik justru menjadi bumerang, munkin saja orang yang diberi masukan akan merasa ditelanjangi, digurui, diremehkan, ataupun merasa tidak dihargai. umpan balik bersifat motivasional bagi orang lain.

Setelah seseorang melakukan upaya mengenali kekuatan dan kelemahan diri, maka orang akan menyadari siapa saya?. Hal itu bukan akhir dari apa yang akan dilakukan dalam hidup ini. Mengenal diri bukanlah tujuan.

Pengenalan diri adalah sebagai wahana (sarana) untuk mencapai tujuan hidup. Oleh karenanya, setelah seseorang dapat menjawab pertanyaan siapa saya? maka pertanyaan selanjutnya adalah saya ingin menjadi siapa? Hal ini akan sangat tergantung pada bagaimana kita dapat melihat dan mengatur diri sendiri.

~ Empowering your self ~
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Deh.....